free page hit counter

Aneka Cabe Dari Berbagai Daerah Dan yang Terpedas

Baik yang berada di Indonesia atau di mancanegara,  cabe ini dikenal sebagai hasil panen dari tanaman yang menghasilkan rasa pedas serta bisa dikategorikan sebagai sayuran maupun bumbu untuk masakan nusantara. Beragam cabai juga mempunyai karakter yang berbeda-beda bila dilihat dari tingkat rasa kepedasan, bentuk serta warnanya.

Selain dijadikan sebagai campuran bahan masakan, aneka jenis dari cabai ini juga memiliki khasiat bai kesehatan dan juga pengobatan. Dan untuk sebagian masyarakat pecinta masakan nusantara pedas, maka kurang lengkap rasanya bila masakan yang dinikmati ini tanpa rasa pedas. Di sebagian provinsi atau kota yang berada di Indonesia,  juga memiliki sebutan tersendiri untuk nama cabai yang umumnya tumbuh dan juga dikonsumsi. Akan tetapi, setiap cabai terkadang juga mempunyai nama ilmiah sebagaimana nama internasionalnya. Berikut aneka macam cabai bila dilihat dari bentuk dan juga rasanya.

Cabai Gendot

Cabe ini dikenal sebagai cabai yang paling pedas. Di sunda, cabe gendot ini juga kerap dimasak dalam beragam tumis tumisan serta hidangan pedas yang lain nya.

cabai gendot
cabai gendot

Cabe Rawit

Cabe ini memiliki bentuk yang kecil, akan tetapi mempunyai rasa yang lebih pedas bila dibanding denegan cabai merah besar yang berada di nasi tumpeng maupun cabe merah keriting. Cabe ini juga digunakan sebagai bahan dasar membuat sambal, maupun makanan pedas yang lainnya.

cabe rawit
cabe rawit

Cabai Merah

Cabai merah ini jika dilihat dari bentuknya ada yang runcing dan mengerucut, selain itu ada juga yang membulat. Untuk bagian kulitnya cabe merah ini juga tebal, rasanya kurang pedas dan kerap dijadikan sebagai bahan baku aneka sambal, serta sebagai campuran masakan yang tidak terlalu pedas yang lainnya.

cabe merah
cabe merah

Cabai Hijau

Sebetulnya cabe hijau ini merupakan cabe merah yang besar, akan tetapi jika sudah dipanen ketika masih muda pada saat warnanya masih hijau. Adapun untuk rasa juga tidak sepedas seperti cabe merah besar maupun cabai rawit. Adapun cabe hijau ini juga sering di pakai sebagai campuran masakan misanya seperti tumis, oseng-oseng dan sambal cabai hijau.

cabe hijau
cabe hijau

Cabai Keriting

Cabe keriting ini memiliki bentuk yang keriting, kurus serta panjang. Selain itu, ada pula cabe keriting merah dan juga cabe keriting hijau. Dan untuk segi ukuran ini maka lebih kecil dibanding cabe merah yang besar.    Adapun cabe ini juga sering di pakai untuk masakan nusantara padang atau minang utamanya rendang maupun kalio. Selain itu, masakan yang memakai cabai keriting ini juga akan terasa lebih pedas dibanding memakai cabai merah. Selain itu, cabe keriting ini juga digunakan kedalam masakan cabai bubuk, kari, bumbu balado dan lain sebagainya.

cabe keriting
cabe keriting

Cabai Jawa

Cabe ini di sebut juga cabai jamu atau cabai saja. Cabai jawa ini juga merupakan kerabat lada dan termasuk ke dalam suku sirih-sirihan maupun Piperaceae. Di madura cabe ini lebih dikenal sebagai cabai solak, dan cabia di Sulawesi. Adapun penggunaan cabai ini dipakai untuk bahan jamu tradisional.

cabe jawa
cabe jawa

Adapun beberapa nama cabai di nusantara yang terkenal di beberapa kota di antaranya ialah : cabe dan cengek (Sunda), cabhi (Madura), lombok abang (Jawa), lasina (Batak Karo), campli (Aceh), tabia (Bali), lado (Minangkabau), sebia (Sasak/Lombok) , lada(Makasar), siri (Ambon), maresen (Papua Barat) dan lainnya. Cabe juga merupakan bagian terpenting dari sebuah masakan nusantara, sebab tanpa adanya cabe ini makanan juga tidak akan terasa sedap.

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081295677900 bbm Invite Pin BBM kami : DC7898
Chat WA Dengan Kami - Ms Shinta